29 Desember 2008

Pembalap gemulai

Meluncurlah pemudi itu dengan kendaraan roda dua yang dikendarai olehnya. Sepeda motor itu dibawanya dengan sekencang-kencangnya, meliak-liuk menyusuri macetnya jalanan Bintaro. Bagaikan raja jalanan, ia pun tak peduli akan lingkungan sekitar. Kaca spion hanyalah hiasan belaka. Dengan berjaket hitam, dan kebetulan warna cat motor tersebut juga hitam, tampaklah ia layaknya sang kelelawar di sore itu. Namun ada yang kuketahui sedikit dari ciri fisik maupun kendaraanya. Batok lampu yang hitam itu ditempelkan sebuah stiker "highlight" ato"glow in the dark" sehingga cahaya yang menyorotnya akan memantulkan sinar yang agak menyilaukan. Pancaran sinar tersebut seolah mengandung tulisan yang terbaca sedikit olehku. Tulisan bismi-llāhi ar-raḥmāni ar-raḥīmi (dibaca) dalam bahasa arab, berwarna putih. Ingin rasanya kukejar untuk bisa mengklarifikasi, siapa pemudi tersebut. Namun ia bergerak cepat jauh meninggalkan kendaraanku.

Fungsi Ikhlas

Assalamualaikum waroh matulloh wa baraokatuh...
wah... liburan gini, harus dimanfaatkan dong waktunya buat melakukan sesuatu yang berguna (bwt diri sendiri dulu tentunya)..heheh.... berikut ini fungxi ikhlas yang diringkas dari buku silsilah amalan hati 1


Fungxi ikhlas:
  1. Jalan selamat di akhirat hanya dapat diraih dengan ikhlas
  2. Kehidupan kalbu dan kebebasannya dari kesedihan di dunia ini tidak dapat direalisasikan kecuali dengan keikhlasan, sebagaimana yang diucapkan Nabi SAW:
"Barang siapa yang tujuan utamanya adalah meraih pahala akhirat, niscaya Allah SWT akan menjadikan kekayaannya berada di dalam kalbuny, menghimpunkan baginya semua potensi yang dimilikinya, dan dunia akan datang sendiri kepadanya seraya mengejarnya. Sebaliknya Barang siapa yang tujuan utamanya adalah meraih dunia, niscaya Allah SWT akan menjadikan kemiskinannya di depan matanya, membuyarkan semua potensi yang dimilikinya, dan dunia tidak mau datang sendiri kepadanya, kecuali menurut apa yang telah ditaqdirkan untuknya ". (HR Tirmidzi)

3. Sumber rizki pahala yang besar dan meraih kebaikan yang besar dan meraih kebaikan adalah dari keikhlasan pelakunya, sebagaimana yang disebutkan dalam sabda Nabi SAW:
"Sesungguhnya engkau, tidak sekali-kali mengeluarkan suatu nafkah karena mengharapkan ridho Allah SWT, melainkan pasti engkau akan diberi pahala karenanya, meskipun berupa makanan yang engkau suapkan ke dalam mulut istrimu". (HR Bukhari)

4. Ikhlas dapat menyelamatkan pelakunya dari adzab yang besar pada hari pembalasan, karena sesungguhnya Nabi SAW telah memberitakan kepada kita tentang mula-mula makhluk Allah yang dibakar oleh api neraka pada hari Kiamat nanti, bahwa mereka adalah orang-orang yang rajin berinfaq, mengeluarkan shadaqahnya agar dikatakan sebagai orang yang dermawan; orang yang tekun mempelajari ilmu, kemudian mengajarkannya agar dikatakan sebagai orang alim; dan orang yang giat berjihad di medan peperangan agar dikatakan sebagai orang pemberani.


"Barang siapa mempelajari suatu ilmu yang seharusnya untuk meraih ridho Allah SWT, lalu dia tidak mempelajarinya kecuali hanya untuk meraih sesuatu dari harta benda duniawi, niscaya dia tidak akan menemukan wewangian surga pada hari Kiamat nanti" (HR Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad).

wassalam...

28 Desember 2008

mahalnya Nikah?

it's the Vixiong story that the cut from true story

[QomaR] Gw berasal dari Jawa, gw orang kampung. Gw hidup sederhana, dengan gaya hidup yang biasa2 aja. Sekarang umur gw 31 tahun, udah cukup tuk gw buat nikah. Hmmm, alhamdulillah gw dapet pekerjaan di Jakarta setelah hidup merantau kesana kemari. Walopun dengan gaji pas2an, tapi gw berusaha menabung tuk menyisihkan beberapa uang gw buat persiapan sewaktu2 melamar seorang gadis. Ingin rasanya gw membahagiakan orang tua gw yaitu salah satunya dengan menikah, dengan memberikan keturunan. Hmm.. sedih rasanya melihat nyokap yang semakin lama semakin tua, sakit... pasti nyokap ingin bgt menggendong seorang cucu, seorang yang lahir yang merupakan garis keturunan gw. Tapi gw juga ga maw merepotkan nyokap. InsyaAllah biaya nikah akan kutanggung sendiri dari gaji bulanan gw.
Saat itu gw sedang ikut pengajian di Masjid komplek dekat kosan. Ga sengaja melihat Subhanalloh, wanita dewasa yang cukup umur, mengikuti pengajian tersebut juga. Padahal kalo dipikir pengajian tersebut adalah pengajian remaja masjid komplek ini, jadi gw berharap semoga dia juga masi remaja, alias belum menikah. setelah pengajian selesai, gw coba menghampiri wanita berjilba itu dengan tidak menatap matanya, dengan sopan dan sangat hati2 untuk selalu menjaga perasaannya.
Dengan hati2 gw segera perkenalkan diri dan umur gw sebelum tanya balik ke wania tersebut. Djamilah namanya, merupakan campuran Serang dan Betawi. Umurnya 28 tahun dan masih single. Kakanya adalah seorang Ustadz yang suka mengisi ceramah dan pengajian masjid itu. wow!.. terbukalah hati gw, gw berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta ala agar dialah yang menjadi jodoh gw kelak.

Setelah sebulan berkenalan dengannya, gw niatkan untuk melamarnya dan segera menikahinya. Jadi, gw tanya gadis itu, mawkah dia menikah dengan gw. Dia menjawab insya Allah dia maw menikah dan mampu sanggup mendampingi gw hingga kematian yang memisahkan. Sejak saat itu, gw segera memberitahukan kabar gembira ini kepada nyokap. Dia sangat senang mendengarnya.

Sebelum melamar, gw ingin kenal dahulu dengan orang tuanya yang tinggal di Serang. berangkatlah gw dengan temen gw untuk bersilahturahmi dan sekedar ingin memberitahu bahwa gw ingin mempersunting putrinya.
GeledaaaaaaRR!!! sungguh terkejut diriku bak kena petir di siang bolong. Ketika ngobrol2 dengan orangtuanya, mereka setuju bahwa putrinya menikah denganku tapi dia meminta biaya sebesar 40 Juta. Sungguh cobaan yang berat bagiku. gajiku sebulanya hanya 900rb, untuk biaya kosan sebulanya 100rb, untuk kukirim ke nyokap sebesar 400rb, dan sisanya 400rb untuk biaya hidup sebulan, dan dengan menyisihkan 50rb perbulan untuk ditabung.

Gw bilang secara baik2 dengan orangtuanya bahwa gw hanyalah orang yang sangat sederhna dengan pendapatan yang mencukupkan(pas2an). Gw bilang kepada orangtuanya bahwa gw hanya bisa sebsar 5juta(2tahun menabung).
Tetapi orang tuanya tidak menyanggupi permintaanku. mereka gamaw menikahkan putrinya dengan gw.

Ikhlas, gw terima... mungkin Allah SWT punya rencana lain yang lebih baik.. mungkin dia bukan jodohku.
gw cuma bisa berpositif thinking.. dan selalu berusaha.. maafkan gw Bu!!... mungkin bukan skr gw ngasih kado spesial buat ibu... maaf bu....
T.T

based on true story


Masjid Jami AL-Barokah

Assalamualaikum Wa rahmatullah wa barakatuh

Masjid Jami Al-Barokah

Saat itu, hari minggu. Terdegar teriakan Pa Apid dan warga memanggil masyarakat warga sekitar untuk bergotong royong. Hari sebelumnya telah dibertahukan bahwa pada Ahad sekitar jam tujuh pagi, akan ada kerja bakti membangun masjid. Maka warga berduyun-duyun untuk datang ke halaman depan masjid yang akan dibangun itu. Saat itu, seruan diutamakan bagi kaum lelaki saja.



Pagi itu memang memalaskan. Seruan Seorang bapak2 lewwat toa terdengar hingga seluruh ruangan rumahcinta. "Gung!!, Jun!! bangun.... yuk ikutan kerja bakti..!!! itu dah dipanggil kita... kta kan dah jadi warga kampung ini....". "Hahaha, males bgt deh.... kita kan mahasiswa", jawab hendra (mantan RC crew). Ya jelas, kita mahasiswa bukan kuli. Tapi justru karena kita mahasiswa harusnya punya akal dong, punya naluri untuk saling membantu dong dalam hati gw.

Hati gw luruskan dan ikhlaskan, niat dan tekad gw bulatkan. Akhirnya gw jalan perlahan menuju masjid itu, sampai di sana, gw disambut warga yang ramah. Belum kerja, langsung ditawarin gorengan ma segelas kopi hitam, hahaha. Gw ambil aja gorengan pisang satu biji.

Yap, sekitar jam tujuh lewat ato jam delapan (lupa) kita mulai kerja baktinya. Pekerjaan dimulai dengan mengangkat semen beberapa sak dari bawah ke atas (rencana lantai dua masjid). melihat sekiling gw, kayanya gada satupun mahasiswa yang ikut campur kerja bakti deh. Dalam hati gw bertanya2, apakah ini memang dikhususkan untuk warga selain mahasiswa, ato memang mahasiswanya merupakan pencerminan dari salahsatu Rc crew tadi.. Aneh, padahal peerkampungan itu dekat dengan kosan mahasisswaaa... wew!!

tapi salah satu dari warga terlihat seperti mirip mahasiswa karena masih muda dan gagah perkasa, hahaha. Tapi gw enggan menyapanya, soalnya saat itu gw masih termasuk warga baru di kampung itu, dan juga belum begitu mengenal adat dan istiadat..
*loh ngaruh pan?*

Akhirnya, alhamdulillah...gw cuma bisa bantu segitu doank. Ya, cuma mengangkat beberapa sak semen dan beberapa jumlah genteng ke lantai atas. abis itu... kabooooooorrr..

yang penting ikhlas* wakakakaka!! alhasil baju kotor... langsung rendemmmm



hasil Kerja bakti dua tahun lalu...diresmikan 2008..




lll lllllllllll ll lllll lll llll llll ==> diambil dari fesbuk.. gataw artinya apa... hehehe

23 Desember 2008

Lari Pagi

(November lalu)awalnya terdengar perbincangan antara Aboy(Abi Supiyandi) dengan Mochan(Mochammad Chandra). Ga sengaja nguping, kedengeran kata² lari pagi. Segera kupotong pembicaraan tersebut, "ikutaaaannnn lari pagiiii". Aboy langsung jawab, yakin sanggup? yaiyala.... dah lama gag lari pagi. nehh Sejak program berenti rokoku diajalankan, memang blum di tes sekuat apa nanti untuk lari jarak jauh. Aboy dan Mochan berencana ingin lari pagi mengelilingi IPB, kampus tercinta. Bisa dibayangkan total jarak yang ditempuh sekitar kurang lebih 2 KM. Untuk program berenti roko bagi peroko, harusnya dalam bulan ke dua ini sudah sangat ngos²an (Nov 2008).

Alhasil, saia hanya kuat lari dari FMIPA ampe FKH, dengan total jarak sekitar 900meteran sisanya lari² kecil dan jalan santai. Dengan hasil ini, sudah lumayan buatku. Hummmff... Habis lari kita ga langsung pulang, karena Mochan dan Aboy ingin pull-up dulu di FAHUTAN, yah akhirnya ikutan deh. bayangkan , cuma sekali gw berhasil pull-up sempurna. beuh itupun berat banget, dah ditopang Mochan sebelumnya. Mochan melakukan pull-up sebanyak 20 kali dan dilakukanya dengan sikap sempurna. Aboy sekitar 10 kali. Habis itu, kita langsung menuju samping lab Kimia untuk segera Push-up. sebenarnya ini permintaan ku, karena pengen tau sikap push-up yang benar. Baru tau, ternyata terdapat macam² push-up yang dilakukan para atlit dan rata2 push-upnya cukup berat.

Setelah semuanya itu, barulah kita sama2 pulang kekosan masing-masing. Tapi sebelumnya, gw dan Mochan makan dulu di tempat nasi uduk langganan... hmmmm enaaakkk...
si Aboy lgsg luncur kekosan Biru....

woh, cape bener..... bangun tidur badan langsung pegel². Dan baru tau ternyata pas lari kemaren, si Aboy pakai pemberat di kakinya.. sekitar 2 kg.. wew..!! sedangkan aku dan mochan hanya nyeker tanpa alas kaki. bedanya mochan tetep ngibrit ga brenti lari, dan gw jalan menikmati udara di daerah blkg rektorat.. hehe GG dah Aboy ma Mochan... imbaaaaaaaaaaa!!!! *atlit mang beda

video


=Wassalamualaikum warahmatulloh wabarakatuh=

19 Desember 2008

Bismillah...memulai kegiatan

بسم الله الرحمن الرحيم

bismi-llāhi ar-raḥmāni ar-raḥīmi (dibaca).
Kalimat ini tertera dalam setiap awalan Surat di dalam Al-Qur'an, kecuali Surat At-Taubah. Juga diucapkan setiap kali seorang Muslim melakukan shalat, juga memulai kegiatan harian lainnya, dan biasanya digunakan sebagai pembuka kalimat (Mukadimah) dalam konstitusi atau piagam di negara-negara Islam. Bismillah (بسم الله) berasal dari bahasa arab yang berarti "Dengan menyebut nama Allah . Bacaan ini disebut Tasmiyah dan bagi orang Islam sangat dianjurkan membacanya untuk memulai setiap kegiatannya. Sehingga apa yang dikerjakan diniatkan atas nama Allah dan semoga mendapatkan restu atas pekerjaan tersebut (wikkipedia).

yap....beberapa hari ini gw jalanin hari yang begitu nikmat... karena gw mengerjakan beberapa tugas harian maupun tugas yang musti harus kudu diselesaikan hari ini juga. Bleh, Subhanallah....

rutinitas:
(hari kamis, sebelumnya) setelah selesai kuliah ekonomi syariah (sc), gw langsung bergegas pulang ke rumah(5.30 pm), dari kuliah eksyar ini didapat banyak pelajaran yang bisa gw ambil mengenai perekonomian di Indonesia yang kacau balau. Kebetulan tadi juga ada promosi dari universitas mihe (london), dengan mendatangkan dosenya (orang UK), untuk berpromosi kepada mahasiswa yang mengambil matkul ini. Terjadi beberapa kericuhan juga ketika sang dosen mengucapkan salam dengan tidak sama sekali benar lafadz dan ejaanya. Maklum dosen tersebut bukan muslim. Lalu perdebatan selanjutnya terjadi ketika munculnya pertanyaan mengapa mereka yang mempromosikan ke kita untuk belajar ekonomi syariah padahal mereka non muslim dan mereka menganut sistem ekonomi syariah. Wah, oke gawsa dibahas disini.. yap, menambah wawasan juga bagiku ternyata di UK ada daerah perkumpulan muslim dari berbagai pelosok dunia. Di sana konon juga pada saat kuliah dipisahkan antara akhwat dan ikhwannya.

(perjalanan menuju rumahcinta) gw pulang dengan jalan kaki bersama Rifky, Adi, dan Ahmad.. Alhamdulillah gw dapet berkah.. karena gw dapet teman baru... ya itu tadi.. Adi (BIOKIM42) dan Ahmad (Silvi42), perjalanan kami diisi dengan obrolan ringan hingga kami berpisah pada GWW.. sampai di GWW gw dan Ahmad berjalan lagi menuju kosan masing2... humpff... sekitar 15 menit kemudian, sampailah gw di rumahcinta tercinta (he)....

sampai di rumahcinta sekitar pukul 5.45 pm. gw sengaja blum bli makanan buat buka shaum, karena gw pikir seperti biasanya gw bli makan di warung makan belakang rumah. Glek! adzan maghrib hampir tiba, akupun blum mendapatkan makanan berbuka, karena ternyata warung di belakang rumah tutup (T.T)
oke gapapa, gw akhirnya berbuka dengan segelas air putih, alhamdulillah sudah merupakan karunia Allah Subhanahu Wa Ta 'Ala karena bisa minum air putih tersebut. Setelah selesai sholat maghrib di Masjid Al Barokah (deket RC), gw segera jalan mencari sesuap nasi (lebay). Bah, Pondok Bambu akhirnya yang menjadi pilihan dan yang bisa membisukan perutku kembali.

Setelah itu apa yang harus dikerjakan? yap ! proposal telah menghantui pikiranku selain pikiran2 lainya yang musti beres. Alhamdulillah, walaopun pikiran dah panik ga karuan, tapi hati ini tetap berusaha tenang. Karena hati tenang, segala urusan ini Insya Allah bisa beres asal tetap ikhtiar dan ikhlaskan hasilnya sama Illahi. Bismillah, gw kerjain tuh proposal dimulai setelah isya, hingga jam sebelas malam. Udah bereskah? sementara udah.

(jum'at)Kenapa sampai jam sebelas? yap, pagi2nya gw bangun jam setengah lima, setelah sholat subuh, tidur ² sejenak menunggu jam 6 pagi untuk segera mandi. BrrrrrRRrr(iklan koka kola), dingin banget mandi jam segitu, karena malamnya abis ujan. Setelah mandi, perut ini harus segera diisi karena udah jadi bayangan dibenak gw hari ini bakal menyibukkan seperti hari² lainya. Makan nasi uduk di belakang rumah, karena nasi uduknya terkenal murah (satunya 1500) dan sang pemilik sudah kenal. setelah itu apa? motor segera gw kluarin, untuk dipanasin dan siap2 brkt.

jam 06.45 gw berangkat duluan ke pombensin, sekira setelahnya gw isi angin ban dan ke kosan biru. dikosan biru, gw gedor2 pintu kamar kibi tuk segera minjem helm catok buat dipakai auriza. Setelah jemput auriza, dia gamaw make helm itu karena helmnya udah sangat tidak layak, he

(07.00) kita berangkat sesuai dengan perjanjian awal sebelumnya. Kemana perginya? ya ke Bakosurtanal, kita berangkat lebih awal karena kita belum tahu tempat Bakosurtanal. Alhamdulillah kita selamat dan sampai tujuan setelah nanya ke beberapa orang di jalan (trims). sesampainya, jam menunjukkan pukul 08.10 pagi. wah!! padahal kita janjian dengan bapaknya jam sembilan. berarti harus menunggu selama kurang lebih sejam untuk bisa bertemu. Tapi untungya gw nekat sms bapaknya bwt ngasi taw kalo udah hadir jam segini. Alhamdulillah juga, karena bapaknya sudah hadir dari tadi pagi, jadi kita ga saling tunggu-tungguan.

diskusi dan penjelasan materi berjalan selama 15 menit. Kita dijelaskan secara singkat dan dikasih file softcopy untuk mempeljarinya sendiri. setelah semua itu, udah agak jelas dan cerah dibenakku bakalan apa yang nantinya kukerjakan di TA. buru-buru deh kita pulang.

Setelah dari Bakos tersebut (10.00), gw mampir ke pondoknya Auriza. Kita sama2 mengedit proposal kita karena deadline nya memang hari ini. woh! slelsei edit mengedit seadanya, gw lgsg pamit ke auriza untuk print dan sholat jumat. Print proposalnya dilakukan di DG (11.45), dan segera meluncur ke Alhurriyah bw Sholat jumat. Abis Sholat Jum'at, perut ini harus diisi lagi soalnya masi ada kuliah dan kegiatan lain. saat makan, badan ini terasa ga enakan. Gataw kenapa kepala ini pusing, dan tangan menjadi dingin. wah, ini gejala masuk angin rupanya, karena kemaren brkt kuliah lari2 takut terlambat sampai baju basah kuyup dengan keringat. Habis itu, kering lagi karena praktikum di tempat AC. maklum orang jawa, sedikit2 ngeluh, lesu.. he...

Tapi, tapi... dan tapi... Alhamdulillah rasa itu kini memudar sejak 'dia' datang menemaniku makan siang... (*hehehe, ngaruh ta?) iya ngaruh sedikit.. hati ini yang berasa ngaruh... jadi lebih sedikit damai...

Abis makan siang, gw menemui pak hari Agung bwt segera minta ttd beliau. Alhamdulillah ga sampai hitungan menit, proposalku lgsg di ttd, ga diperiksa isinya, he. konon, anak bimbingan pak Hari Agung, diusahakan hari senin untuk melakukan kolokium ini. wah terkena imbasnya.. hahaha... tapi syukuri aja, smgat!

Abis itu kuliah... dari kuliah PP didapat bahwa kelompok gw mendapatkan projek shortest path.. woh blum kbyang... dan rencana demi rencana, kerjaan ini dilakukan saat liburan nanti via conference (edi,aboy,bho). ok GG tq

Di sela2 kuliah, gw ma au izin bentar buat daftar kolokium. Wow, Subhanalloh Alhamdulillah.. Allahuakbar.... jadwal yang kosong ternyata hanya jam 08.00 dan jam 08.30, yaitu yang pertama dan kedua. ya , jadwal tersebut diambil kami karena gada pilhan lain di hari itu.
Setelah berdiskusi dengan Auriza, akhirnya diputuskanlah... bahwa...Alhamdulillah, gw menjadi pertama orang buat kolokium di hari senin itu.

Wah... harus smangat nih.....
bismi-llāhi ar-raḥmāni ar-raḥīmi

HF, GG TQ, WP n1......smoga lancar² aja... amiiin...

Wassalamualaikum warahmatulloh wabarakatuh

15 Desember 2008

Join Dota Tourney


Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh...

wah...wah...wah...
bentar lagi Tourney Join akan diselenggarakan.... wedeww.... anak-anak Graderz konon akan mengikuti tourney ini dengan menurunkan 2 tim..... yaitu Graderz||Algor dan Graderz.Basprog, sementara untuk Graderz*Crypt tidak diturunkan karena belum dan masih dalam tahap pelatihan anggotanya... suit suit....

semoga aja Graderz bisa menunjukkan kegigihannya dalam pertarungan nanti..
lawan terberat Graderz adalah JOin I, karena selama ini mereka belum pernah menang berturut-turut, atau boleh dikatakan belum pernah menang telak!.... yawda semangat ya anak2 Graderz...
tunjukkan performa terbaik kalian!!

GG GL!! HF juga

untuk melihat anggota Graderz, klik disini



13 Desember 2008

Keutamaan Shalat Duha

Keutamaan Shalat Duha

1. Sholat Duha menyamai/ bahkan melebihi pahala sedekah yang dikeluarkan oleh tiap-tiap ruas anggota tubuh manusia yang berjumlah tiga ratus enam puluh ruas tulang, dengan 360 keutamaan (kebaikan). sebagaimana sabda Nabi Shallallaahu 'Alaihi Wasallam yang diriwayatkan oleh imam Ahmad dan Dawud dari sahabat Buraidah:
"Fii insaani sittuuna wa tsalaatsuuna mi-atin mafshilin 'alaihi an yatashad-daqa 'an kulli mafshilin minhaa shadaqatan. Qaaluufa manil ladzi yathiqu dzaalika yaa rasuulallaahi?
Qaala: an-nakhaamatu fil masjidi yadfinuhaa awisy syai-u yunbiihi 'aniith thariiqi fa in lam yaqdir fa rak'atadh duhaa tujzi-u 'anka"

Artinya: "Dalam tubuh manusia itu ada tiga ratus enam puluh ruas tulang. Ia diharuskan bersedekah untuk tia-tiap ruas tulang itu. Para sahabatnya bertanya: Siapa yang kuasa untuk melaksanakan itu ya Rasulullah? Beliau menjawab: 'Dahak yang ada di masjid lalu ditutupinya dengan tanah atau menyingkirkan sesuatu gangguan dari tengah jalan(misalnya duri atau batu besar yang menghalangi jalan lalu lintas), maka itu berarti (nilainya sama dengan) bersedekah atau sekiranya kuasa cukuplah diganti dengan dua rakaat sholat Duha.' "

2. Sholat Duha dapat mengatasi segala kebutuhan hidup, rejekinya lancar, usaha perdagangannya/bisnisnya dimudahkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Dalam hal ini Allah SWT berfirman dalam hadist (hadist Qudsi)
"Qaalallahu azza wajalla : Ya ibna aadama laa ta'jizanna 'an arba'i rakaatin fil awwalinnahaari akfika aakhirakhu"

Artinya: "Allah Azza Wajallah berfirman: 'Hai anak Adam, jangan sekali-kali kamu malas dalam mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (yakni sholat Duha), nanti pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya.'"


Yuk mAri kita sama-sama rajin sholat Duha...
Smangat yah!!!

-loozerisnotbad-

12 Desember 2008

Karya-karya Kahlil Gibran

berikut merupakan beberapa karya Kahlil Gibran.... ga tau ini merupakan puisi atau entah...
tapi jika dimaknai lebih lanjut.... akan berarti luas... @@ (*bingung deh pokonya, he)

Penyesalan


Pada suatu malam yang tak berbulan, seorang lelaki memasuki kebun tetangganya dan mencuri semangka terbesar yang ditemuinya, lalu membawa pulang ke rumah. Dibelahnya semangka itu, namun ternyata belum matang. Dan terjadilah keajaiban!
Kesadaran lelaki itu bangkit sehingga muncullah penyesalannya; dan ia menyesal karena mencuri semangka itu.

Cinta dan kebencian

Seorang wanita berkata pada seorang lelaki, "Aku cinta padamu."
Dan si laki-laki menjawab, "Hatiku ini terlalu berharga bagi cintamu."
Dan si wanita bertanya, "Engkau tidak mencintaiku?"
Si laki-laki hanya memandang si wanita dan tak mengucap apapun.
Wanita itupun menangis sekeras-kerasnya, "Aku benci kamu!!"
Dan si laki-laki itu menjawab, "Maka hatikupun terlalu berharga bagi kebencianmu...."



Seorang pertapa dan hewan-hewan buas

Alkisah, dahulu kala hiduplah seorang pertapa di antara bukit-bukit hijau. Hatinya putih dan jiwanya suci. Semua binatang yang tinggal di daratan, dan semua unggas yang terbang di angkasa datang berpasangan untuk mendengarkan perkataan sang pertapa. Binatang-binatang itu berkumpul di dekatnya dan mendengarkan dengan senang hati segala perkataanya. Mereka tak beranjak sampai malam tiba. hingga pertapa itu menyuruh mereka pergi, mempercayakan angin dan hutan kepada mereka dengan segala berkat darinya. suatu senja ketika sang pertapa berbicara tentang kasih sayang, seekor macan mengangkat kepalanya dan bertanya, "Engkau berbicara tentang kasih sayang kepada kami semua. Ceritakan tuan, dimanakah istrimu sekarang?"
Dan pertapa itu menjawab, "Aku tak memiliki istri". Suasanapun gaduh ketika semua hewan buas dan unggas itu berteriak, dan mereka saling berkata pada diri mereka sendiri, "Bagaimana mungkin ia dapat berbicara tentang kasih sayang dan mencari pasangan jika ia tak mengalami satupun dari semua itu?" Dengan diam dan penuh kekecewaaan hewan-hewwan itu meninggalkan sang pertapa itu sendiri. Malam itu, pertapa berbaring tertelungkup, sambil menangis pedih dan memukul-mukul dada dengan kedua tanganya.


(Kahlil Gibran) "semua orang memiliki tanggungan air mata yang harus ia kembalikan suatu hari nanti"

08 Desember 2008

kisah sahabat rasul

Seorang anak dihidupkan lagi oleh Allah Subhanalloh wa ta' ala

Melalui beberapa jalur dari Anas bin Malik ra, ia bercerita bahwa seorang pemuda Anshor yang memiliki seorang ibu yang telah renta dan buta meninggal dunia. Ungkap Anas, "maka kami pun menutup matanya dan jenazahnya dengan kain. Sebahagian dari kamipun memberi tahu ibunya". "Serahkanlah segala urusan kepada Allah, bu!" ucap mereka. "Anakku telah mati?", sahut sang ibu. "Yah", sahutnya. Maka sang ibu menengadahkan tanganya ke langit seraya berdoa, "Ya Allah aku telah beriman kepadaMu dan telah ikut hijrah bersama RasulMu. Acap kali terkena musibah, aku selalu memohon kepadaMu. Maka sekarang aku memohon ya Allah, hambaMu tidak kuat memikul musibah kematian ini". Anas melanjutkan, "selesai ia bedoa, pemuda yang telah mati itu menggerak-gerakkan kakinya seraya membuka kain yang menutupi tubuhnya." "Maka kamipun tidak beranjak sampai kami makan bersama dia. Diapun hidup sampai Allah SWT menjemput ajal RosulNya dan sampai ibunya meninggal."

(Isnadnya dha'if, HR. Ibnu Abid Dunia. dalam kitab Man' Asya ba'da Al-Maut no.1-2, Ad-Dalail oleh Baihaqi 6/50-52)

07 Desember 2008

Splash Screen Di java Swing desktop

Dah lama pengen posting, share.. berbagi ilmu dengan lainnya... yah,,.. mumpung lagi inget... jadi kuposting aja nih Open source kode java desktop... Bagi yang lain, mudah-mudah dapat mengembangkannya di berbagai aplikasi... amin

*tiada ilmu yang tidak berguna
//yang perlu diperhatikan adalah pemanggilan library awt dan swing yaitu

package source; //membuat pekej *package dibaca dalam bhs Indonesia, he
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;
import javax.swing.border.LineBorder;
public class splash extends JWindow implements Runnable
{
public void run()
{
JPanel pnl = new JPanel();
final JProgressBar pb_1 = new JProgressBar();
final JLabel lbl_a = new JLabel("");
final JLabel lbl_b = new JLabel("");
JLabel image = new JLabel(new ImageIcon("gambar/farmer.jpg"));
lbl_a.setForeground(Color.RED);
lbl_a.setFont(new Font("Verdana",Font.PLAIN,11));
lbl_b.setForeground(Color.BLACK);
lbl_b.setFont(new Font("Verdana",Font.PLAIN,10));
Dimension screen = Toolkit.getDefaultToolkit().getScreenSize();
pnl.setBorder(new LineBorder (Color.black, 2));
pnl.setLayout(null);
pb_1.setBorder(new LineBorder (Color.black,1));
pnl.add(lbl_a);
pnl.add(lbl_b);
pnl.add(pb_1);
pnl.add(image);
pnl.setBackground(Color.WHITE);
lbl_a.setBounds(10,220,344,20);
lbl_b.setBounds(10,232,344,20);
image.setBounds(0,0,500,315);
pb_1.setBounds(0,250,500,7);
getContentPane().add(pnl);
pb_1.setValue(0);
pb_1.setMaximum(120);
int delay = 100; // milliseconds
ActionListener progressUpdater = new ActionListener()
{
public void actionPerformed(ActionEvent evt)
{
int val = pb_1.getValue();
val += 2;
pb_1.setValue(val);
pb_1.setStringPainted(false);
pb_1.setBackground(Color.black);
if(val <=30)
{
lbl_a.setText("Please wait...");
lbl_b.setText("Initializing system GMS");
}else if(val <= 60)
{
lbl_a.setText("Please wait...");
lbl_b.setText("Preparing database");
}else if(val <= 90)
{
lbl_a.setText("Please wait...");
lbl_b.setText("Preparing terminal and connect to server");
}else if(val <= 120)
{
lbl_a.setText("Please wait...");
lbl_b.setText("Get ready for start");
}
}
};
new Timer(delay, progressUpdater).start();
Dimension sd = Toolkit.getDefaultToolkit().getScreenSize();
setSize(500,315);
setLocation((screen.width-getSize().width)/2, (screen.height-getSize().height)/2);
dispose();
show();
}
public static void main(String args[] ) {
splash er = new splash();
er.run();
}
}

Source Code : CopyLeft @Farmer.
Developer : Rafdi, Bho, Dholep, eR, Aboy

sebenarnya masih banyak cara membuat splash screen di java swing ini.... Namun, cara ini yang dipakai oleh team Farmer dalam mengembangkan aplikasi GMS (Gymnasium Management System)
selamat mencoba!! smangat!!

loozerisnotbad_





Jangan Coba-coba!


Di negeri kita, budaya merokok merupakan suatu kebiasaan yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya di kalangan orang-orang dewasa, para remaja bahkan anak-anak sudah mulai coba-coba sembunyi dari ortunya. Mereka ingin dibilang sudah gede, jantan dan bergaya seperti layaknya orang dewasa. Hal ini merupakan pengaruh dari iklan-iklan TV dan sekalipun pengaruh lingkungan sekitar. Bagaimana mungkin orangtua melarang anaknya untuk tidak merokok, sedangkan ia menghisap rokok setiap hari di depan anak-anaknya.

Sebagian besar umat islam (red 2006) masih menganggap bahwa merokok itu perbuatan makruh, belum pada status haram. Hal ini terbukti dengan masih banyaknya terlihat ustadz dan kiyai di pesantren-pesantren yang masih menghisap rokok di hadapan santri-santrinya, baik suasana formal maupun santai. Padahal di Timur Tengah rokok sudah menjadi barang terlarang karena banyak terdapat kemudhorotan yang ditimbulkannya.

Orang barat berusaha membanjiri produk rokoknya ke negara-negara Asia khususnya yang beragama muslim, padahal di negaranya sendiri, sudah tidak diminati lagi, karena penduduknya sudah banyak yang sadar akan damapak negatif yang ditimbulkan dari rokok tersebut. Namun apa yang terjadi pada negara kita?? dengan bangga para remaja kita merasa maco(jantan) ketika bisa menghisap rokok yang berasal dari barat maupun lokal. Melihat temannya tidak menghisap, maka dipaksanya untuk menghisap rokok. "Hai, Rokok dong! jangan kaya banci...!!", padahal mereka sadar bahwa banci juga pada merokok... ^^, jadi yang banci?? ^^

Mereka jadi korban iklan yang sangat gencar yang beredar di media. Hasil survey yang dilakukan yayasan AIDS Indonesia dan Lembaga Menanggulangi Masalah Merokok/LM3 pada tahun 2006 ini menunjukkan bahwa 66,6% pelajar pria pernah merokok, dan sebanyak 14,8% pelajar wanita pernah merokok. Dengan usia pertama kali mereka mencoba relatif muda, yaitu mulai umur 9 th - 17 th... wew!!

Mereka tidak menyadari bahwa rokok adalah produk yang banyak mengandung racun yang membahayakan tubuh manusia. Hasil penelitian para medis, terungkap bahwa rokok yang terhisap akan meracuni paru-paru dan seluruh organ tubuh manusia, menyebabkan nafas bau, gigi kuning, kulit keriput, dan berbagai penyakit bahaya lainnya yang dapat menyebabkan kematian. Asap rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia berbahaya diantaranya nikotin yang menyebabkan kecanduan dan ketergantungan, juga menyempitkan pembuluh darah sehingga tekanan darah tinggi dan jantung berdebar-debar, tar yang mengandung penyebab kanker. Karbon Monoksida (CO) yang biasanya pada asap knalpot kendaraan dapat mengikat sel darah merah.

Penelitian di USA mengungkapkan sekitar 440.000 warga AS meninggal dunia setiap tahunnya karena efek samping zat atau racun yang terdapat pada rokok(Sinar Harapan 12/4). Perlu diketahui pula, bahwa sudah lebih dari 70 ribu artikel yang membahas tentang bahaya rokok. Namun, sebenarnya tidak kita pungkiri bahwa dari sekian banyak dampak negatif rokok, ternyata mempunyai dampak positif juga yakni menambah konsentrasi. Namun, hal ini tidak membuat rokok merupakan bagus untuk dikonsumxi... karena dampak negatifnya ternyata jauh lebih banyak dibandingkan dengan efek positifnya.

Perlu diketahui pula bahwa rokok adalah awal mula seseorang terkena narkoba. Sesuai keterangan Kepala Penasehat teknis proyek penanggulangan kerja anak ILO Patrixk Quinn. Ia mengatakan bahwa anak-anak tersebut umunya mengawalinya dengan merokok, meminum alkohol, dan menghisap lem.(Media Indonesia, Jum'at 23 Juni 2006)

Oleh karena itu, marilah bersama-sama untuk segera menjauhi rokok. Tidak ada kata terlambat untuk memulai suatu kebaikan. Penyesalan itu akan dirasakan di akhir, bukan di awal. Kuatkan tekadmu untuk menghindari zat yang berbahaya ini, yakinlah bahwa anda bisa....!!
smangat!!!





(Muhapi 2006 dalam Gaul tapi syar'i)