19 Desember 2008

Bismillah...memulai kegiatan

بسم الله الرحمن الرحيم

bismi-llāhi ar-raḥmāni ar-raḥīmi (dibaca).
Kalimat ini tertera dalam setiap awalan Surat di dalam Al-Qur'an, kecuali Surat At-Taubah. Juga diucapkan setiap kali seorang Muslim melakukan shalat, juga memulai kegiatan harian lainnya, dan biasanya digunakan sebagai pembuka kalimat (Mukadimah) dalam konstitusi atau piagam di negara-negara Islam. Bismillah (بسم الله) berasal dari bahasa arab yang berarti "Dengan menyebut nama Allah . Bacaan ini disebut Tasmiyah dan bagi orang Islam sangat dianjurkan membacanya untuk memulai setiap kegiatannya. Sehingga apa yang dikerjakan diniatkan atas nama Allah dan semoga mendapatkan restu atas pekerjaan tersebut (wikkipedia).

yap....beberapa hari ini gw jalanin hari yang begitu nikmat... karena gw mengerjakan beberapa tugas harian maupun tugas yang musti harus kudu diselesaikan hari ini juga. Bleh, Subhanallah....

rutinitas:
(hari kamis, sebelumnya) setelah selesai kuliah ekonomi syariah (sc), gw langsung bergegas pulang ke rumah(5.30 pm), dari kuliah eksyar ini didapat banyak pelajaran yang bisa gw ambil mengenai perekonomian di Indonesia yang kacau balau. Kebetulan tadi juga ada promosi dari universitas mihe (london), dengan mendatangkan dosenya (orang UK), untuk berpromosi kepada mahasiswa yang mengambil matkul ini. Terjadi beberapa kericuhan juga ketika sang dosen mengucapkan salam dengan tidak sama sekali benar lafadz dan ejaanya. Maklum dosen tersebut bukan muslim. Lalu perdebatan selanjutnya terjadi ketika munculnya pertanyaan mengapa mereka yang mempromosikan ke kita untuk belajar ekonomi syariah padahal mereka non muslim dan mereka menganut sistem ekonomi syariah. Wah, oke gawsa dibahas disini.. yap, menambah wawasan juga bagiku ternyata di UK ada daerah perkumpulan muslim dari berbagai pelosok dunia. Di sana konon juga pada saat kuliah dipisahkan antara akhwat dan ikhwannya.

(perjalanan menuju rumahcinta) gw pulang dengan jalan kaki bersama Rifky, Adi, dan Ahmad.. Alhamdulillah gw dapet berkah.. karena gw dapet teman baru... ya itu tadi.. Adi (BIOKIM42) dan Ahmad (Silvi42), perjalanan kami diisi dengan obrolan ringan hingga kami berpisah pada GWW.. sampai di GWW gw dan Ahmad berjalan lagi menuju kosan masing2... humpff... sekitar 15 menit kemudian, sampailah gw di rumahcinta tercinta (he)....

sampai di rumahcinta sekitar pukul 5.45 pm. gw sengaja blum bli makanan buat buka shaum, karena gw pikir seperti biasanya gw bli makan di warung makan belakang rumah. Glek! adzan maghrib hampir tiba, akupun blum mendapatkan makanan berbuka, karena ternyata warung di belakang rumah tutup (T.T)
oke gapapa, gw akhirnya berbuka dengan segelas air putih, alhamdulillah sudah merupakan karunia Allah Subhanahu Wa Ta 'Ala karena bisa minum air putih tersebut. Setelah selesai sholat maghrib di Masjid Al Barokah (deket RC), gw segera jalan mencari sesuap nasi (lebay). Bah, Pondok Bambu akhirnya yang menjadi pilihan dan yang bisa membisukan perutku kembali.

Setelah itu apa yang harus dikerjakan? yap ! proposal telah menghantui pikiranku selain pikiran2 lainya yang musti beres. Alhamdulillah, walaopun pikiran dah panik ga karuan, tapi hati ini tetap berusaha tenang. Karena hati tenang, segala urusan ini Insya Allah bisa beres asal tetap ikhtiar dan ikhlaskan hasilnya sama Illahi. Bismillah, gw kerjain tuh proposal dimulai setelah isya, hingga jam sebelas malam. Udah bereskah? sementara udah.

(jum'at)Kenapa sampai jam sebelas? yap, pagi2nya gw bangun jam setengah lima, setelah sholat subuh, tidur ² sejenak menunggu jam 6 pagi untuk segera mandi. BrrrrrRRrr(iklan koka kola), dingin banget mandi jam segitu, karena malamnya abis ujan. Setelah mandi, perut ini harus segera diisi karena udah jadi bayangan dibenak gw hari ini bakal menyibukkan seperti hari² lainya. Makan nasi uduk di belakang rumah, karena nasi uduknya terkenal murah (satunya 1500) dan sang pemilik sudah kenal. setelah itu apa? motor segera gw kluarin, untuk dipanasin dan siap2 brkt.

jam 06.45 gw berangkat duluan ke pombensin, sekira setelahnya gw isi angin ban dan ke kosan biru. dikosan biru, gw gedor2 pintu kamar kibi tuk segera minjem helm catok buat dipakai auriza. Setelah jemput auriza, dia gamaw make helm itu karena helmnya udah sangat tidak layak, he

(07.00) kita berangkat sesuai dengan perjanjian awal sebelumnya. Kemana perginya? ya ke Bakosurtanal, kita berangkat lebih awal karena kita belum tahu tempat Bakosurtanal. Alhamdulillah kita selamat dan sampai tujuan setelah nanya ke beberapa orang di jalan (trims). sesampainya, jam menunjukkan pukul 08.10 pagi. wah!! padahal kita janjian dengan bapaknya jam sembilan. berarti harus menunggu selama kurang lebih sejam untuk bisa bertemu. Tapi untungya gw nekat sms bapaknya bwt ngasi taw kalo udah hadir jam segini. Alhamdulillah juga, karena bapaknya sudah hadir dari tadi pagi, jadi kita ga saling tunggu-tungguan.

diskusi dan penjelasan materi berjalan selama 15 menit. Kita dijelaskan secara singkat dan dikasih file softcopy untuk mempeljarinya sendiri. setelah semua itu, udah agak jelas dan cerah dibenakku bakalan apa yang nantinya kukerjakan di TA. buru-buru deh kita pulang.

Setelah dari Bakos tersebut (10.00), gw mampir ke pondoknya Auriza. Kita sama2 mengedit proposal kita karena deadline nya memang hari ini. woh! slelsei edit mengedit seadanya, gw lgsg pamit ke auriza untuk print dan sholat jumat. Print proposalnya dilakukan di DG (11.45), dan segera meluncur ke Alhurriyah bw Sholat jumat. Abis Sholat Jum'at, perut ini harus diisi lagi soalnya masi ada kuliah dan kegiatan lain. saat makan, badan ini terasa ga enakan. Gataw kenapa kepala ini pusing, dan tangan menjadi dingin. wah, ini gejala masuk angin rupanya, karena kemaren brkt kuliah lari2 takut terlambat sampai baju basah kuyup dengan keringat. Habis itu, kering lagi karena praktikum di tempat AC. maklum orang jawa, sedikit2 ngeluh, lesu.. he...

Tapi, tapi... dan tapi... Alhamdulillah rasa itu kini memudar sejak 'dia' datang menemaniku makan siang... (*hehehe, ngaruh ta?) iya ngaruh sedikit.. hati ini yang berasa ngaruh... jadi lebih sedikit damai...

Abis makan siang, gw menemui pak hari Agung bwt segera minta ttd beliau. Alhamdulillah ga sampai hitungan menit, proposalku lgsg di ttd, ga diperiksa isinya, he. konon, anak bimbingan pak Hari Agung, diusahakan hari senin untuk melakukan kolokium ini. wah terkena imbasnya.. hahaha... tapi syukuri aja, smgat!

Abis itu kuliah... dari kuliah PP didapat bahwa kelompok gw mendapatkan projek shortest path.. woh blum kbyang... dan rencana demi rencana, kerjaan ini dilakukan saat liburan nanti via conference (edi,aboy,bho). ok GG tq

Di sela2 kuliah, gw ma au izin bentar buat daftar kolokium. Wow, Subhanalloh Alhamdulillah.. Allahuakbar.... jadwal yang kosong ternyata hanya jam 08.00 dan jam 08.30, yaitu yang pertama dan kedua. ya , jadwal tersebut diambil kami karena gada pilhan lain di hari itu.
Setelah berdiskusi dengan Auriza, akhirnya diputuskanlah... bahwa...Alhamdulillah, gw menjadi pertama orang buat kolokium di hari senin itu.

Wah... harus smangat nih.....
bismi-llāhi ar-raḥmāni ar-raḥīmi

HF, GG TQ, WP n1......smoga lancar² aja... amiiin...

Wassalamualaikum warahmatulloh wabarakatuh

6 komentar:

  1. assalaamu'alaykum wa rohmatullaahi wa barokatuh
    wah, harusnya ikutan MTV nongkrong bareng ni kayaknya!
    yoha, betul!
    semangat itu perlu.
    itu penting...
    hip hip hura

    BalasHapus
  2. alaykumussalam warahmatullah wabarakatuh....

    ^^

    awis juga smangat yah!!

    BalasHapus
  3. Memang, semua kegiatan harus dimulai dengan bismillah. Biar lebih berkah tentunya...

    Salam kenal juga

    BalasHapus
  4. hmmm...ekonomi syariah.. bidang ilmu yang bener2 pengen kudalami suatu hari nanti (nabung dulu euy:p)

    BalasHapus
  5. Dengan Bismillah, kubaca posting narasi perjalanan Dhoni ini. jarang2 saya membaca posting dengan pembacaan lambat.
    Posting Dony memberi inspirasi bagi saya.
    Bahwa jangan sampai terlupa, mengawali segala dengan Bismillah.
    thanks for sharing. trima kasih utk silaturahimnya. sukses selalu. :)

    BalasHapus
  6. @visakana : yo, sama2

    @intan : yap, guth luck deh, kejarlah ilmu sampe ke negeri cina.. heheh

    @adeska : woh, makasi.... saia juga senang berkunjung ke tempat 'org terkenal' hehehe

    BalasHapus