Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keutamaan Shalat Duha

Keutamaan Shalat Duha

1. Sholat Duha menyamai/ bahkan melebihi pahala sedekah yang dikeluarkan oleh tiap-tiap ruas anggota tubuh manusia yang berjumlah tiga ratus enam puluh ruas tulang, dengan 360 keutamaan (kebaikan). sebagaimana sabda Nabi Shallallaahu 'Alaihi Wasallam yang diriwayatkan oleh imam Ahmad dan Dawud dari sahabat Buraidah:
"Fii insaani sittuuna wa tsalaatsuuna mi-atin mafshilin 'alaihi an yatashad-daqa 'an kulli mafshilin minhaa shadaqatan. Qaaluufa manil ladzi yathiqu dzaalika yaa rasuulallaahi?
Qaala: an-nakhaamatu fil masjidi yadfinuhaa awisy syai-u yunbiihi 'aniith thariiqi fa in lam yaqdir fa rak'atadh duhaa tujzi-u 'anka"

Artinya: "Dalam tubuh manusia itu ada tiga ratus enam puluh ruas tulang. Ia diharuskan bersedekah untuk tia-tiap ruas tulang itu. Para sahabatnya bertanya: Siapa yang kuasa untuk melaksanakan itu ya Rasulullah? Beliau menjawab: 'Dahak yang ada di masjid lalu ditutupinya dengan tanah atau menyingkirkan sesuatu gangguan dari tengah jalan(misalnya duri atau batu besar yang menghalangi jalan lalu lintas), maka itu berarti (nilainya sama dengan) bersedekah atau sekiranya kuasa cukuplah diganti dengan dua rakaat sholat Duha.' "

2. Sholat Duha dapat mengatasi segala kebutuhan hidup, rejekinya lancar, usaha perdagangannya/bisnisnya dimudahkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Dalam hal ini Allah SWT berfirman dalam hadist (hadist Qudsi)
"Qaalallahu azza wajalla : Ya ibna aadama laa ta'jizanna 'an arba'i rakaatin fil awwalinnahaari akfika aakhirakhu"

Artinya: "Allah Azza Wajallah berfirman: 'Hai anak Adam, jangan sekali-kali kamu malas dalam mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (yakni sholat Duha), nanti pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya.'"


Yuk mAri kita sama-sama rajin sholat Duha...
Smangat yah!!!

-loozerisnotbad-

Posting Komentar untuk "Keutamaan Shalat Duha"