28 Juli 2008

Programmer itu egois...

mungkin bagi sebagian orang menyangka bahwa menjadi seorang programmer adalah hal tersulit karena mereka harus mempunyai pengetahuan yang luas demi mempertahankan keeksisan mereka di dunia teknologi informasi.
ya, itulah realita kehidupan programmer, demi menyambung hidup ataupun sekedar menyalurkan hobi dan minat mengutak atik mereka rela tidak makan, minum seharian penuh untuk segera menyelesaikan tugas dan kewajibannya.
namun, sebenarnya dalam benak yang paling dalam dari seorang progammer terdapat jiwa yang egois, jiwa yang tidak mau kalah dengan programmer lainnya... mengapa demikian...
sejatinya seorang programmer memiliki kepuasan yang sangat hebat ketika mereka telah mencapai suatu keinginan yang selama ini telah dikerjakannya...menurut mereka, logika dan algoritma yang telah dibuatnya adalah logika dan algoritma yang sangat cocok dalam hal ini adalah kepuasan batin yang dirasakan begitu hebatnya meskipun hasil yang dicapai adalah tidak semaksimal atau yang diinginkan.. mereka(programmer) tidak memikirkan bagaimana pengguna mengerti hasil ketikan kita, melainkan hasil yang dicapai sesuai dengan keinginan pengguna... hal ini sering membuat para programmer untuk berpikir lebih jauh bagaimana jika produk yang diinginkan agar bisa terus diperbaiki... oleh karena itu mereka membuat ketikan (kodingan) yang hanya bisa dimengerti oleh mereka sendiri.. tujuannya supaya hanya mereka saja yang dapat meneruskan produk yang telah dicapainya karena hanya mereka yang mengerti apa yang telah dibuatnya...

berikut ini adalah percakapan seorang reporter dengan seorang programmer ilkom IPB..
dari sini anda bisa ambil kesimpulan apakah tulisan di atas benar apa hanya relative keidupan di dunia maya


[21:50] pastagigi_rasamint: oi
[21:50] huda ajah..: oi jg
[21:53] pastagigi_rasamint: da, programmmer tuh egois ga?
[21:56] huda ajah..: maksudnya
[21:57] huda ajah..: kan programmer manusia
[21:57] pastagigi_rasamint: ya daam hal koding
[21:57] pastagigi_rasamint: dalam*
[21:58] huda ajah..: egois gimana ? dalam hal koding apanya ?
[21:58] pastagigi_rasamint: misal
[21:58] pastagigi_rasamint: lo
[21:58] pastagigi_rasamint: dalam hal
[21:58] pastagigi_rasamint: koding,
[21:59] pastagigi_rasamint: apa lo punya jiwa egois?
[22:00] huda ajah..: setiap manusaia pasti punyalah lep.....
[22:00] huda ajah..: emang kenapa sih ?
[22:00] pastagigi_rasamint: gw lagi nyari artikel tentang keegoisan programmer
[22:01] pastagigi_rasamint: gw lagi melakukan penelitian
[22:04] pastagigi_rasamint: menurutlo programmer sekedar hobi atau kwajiban menyambung hidup?
[22:07] huda ajah..: tergantung orangnya leph....
[22:07] huda ajah..: menurut gw kalo coding harus dapet feel dulu...
[22:07] pastagigi_rasamint: give me ex
[22:07] huda ajah..: n itu bsa dikatakan sebagai hobby
[22:08] huda ajah..: mana bisa orang coding,, tapi belum dapet feelnya....
[22:08] huda ajah..: yang ada tuch proggrma gak bakalan jadi....
[22:08] huda ajah..: kalo dah hobby,, berarti dia dah suka...
[22:09] huda ajah..: kalo dah suka berarti dia dah dapet feelnya...
[22:09] huda ajah..: kalo dah dapet feelnya brarti dia dah bisa ngerjain tuh codingan...
[22:09] huda ajah..: even gmanapun tuch susahnya coding....
[22:09] huda ajah..: kalo dah dapet feelnya gak bakalan terasa susah...
[22:10] pastagigi_rasamint: hmm... i got it...kalo seorang programmer telah membuuat sistem katakanlah
[22:10] huda ajah..: masalah egois,, pasti bakalan muncul....
[22:10] pastagigi_rasamint: lalu
[22:10] huda ajah..: for ex
[22:10] huda ajah..: lw coding banyak nich...
[22:10] huda ajah..: bagi yang udah maniak...
[22:10] huda ajah..: sifat egois bakalan keliatan banget....
[22:11] huda ajah..: kayak coding dari pagi ampe ketemu pagi lagi...
[22:11] huda ajah..: gak inget makan
[22:11] huda ajah..: sholat....
[22:11] huda ajah..: mandi...
[22:11] huda ajah..: nah itu kan sama ja egois ama diri sendiri...
[22:11] huda ajah..: selain itu....
[22:12] huda ajah..: kalo blom beres codingannya,, kadang bisa ampe batalin janji.....
[22:12] huda ajah..: dengan berbagai alasan
[22:12] huda ajah..: yang penting tuh program jadi dulu....
[22:12] huda ajah..: ama c doi juga ngeboong...
[22:13] huda ajah..: trus brantem deuh...
[22:14] pastagigi_rasamint: da... kalo lo dah koding banyak.... trus si indra dateng... trus si indra minta kodingan lo buat dipelajari ato buat sistem yang serupa tapi lebih bagus....lo kasih ga?
[22:16] pastagigi_rasamint: oi bales
[22:16] pastagigi_rasamint: buru
[22:16] pastagigi_rasamint: sebelum tidur nih'
[22:16] pastagigi_rasamint: bales